Pasaribu, Erik Daniel (2021) Pengembangan Media Augmented Reality Pada Kompetensi Dasar Pengelasan SMAW Kelas X TPK SMK Bahari Hangtuah Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143121007 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 5143121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM 5143121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 5143121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 5143121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 5143121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 5143121007 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 5143121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 5143121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM 5143121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM 5143121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality pada Kompetensi Dasar Pengelasan SMAW kelas X TPK SMK Bahari Hangtuah Medan dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak waterfall yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengkodean, dan (4) pengujian. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi Android Augmented Reality untuk Kompetensi Dasar Pengelasan SMAW yang terdiri dari enam komponen utama, yaitu AR Elektronika, SK KD, materi pembelajaran, soal evaluasi, petunjuk, dan informasi; (2) Hasil unjuk kerja dengan pengujian black box testing menunjukkan semua komponen pada aplikasi AR pengelasan SMAW berfungsi dengan baik; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rerata total 66,5 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rerata total 79 dari skor maksimal sebesar 100 dengan kategori “layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir yaitu siswa sebesar 76 dari skor rerata maksimal sebesar 96 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-009 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Augmented Reality; Kelayakan Media; Pengelasan SMAW |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 03:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48602 |