Sihombing, Dicky Whastoe (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-learning Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Kelas X TKR di SMKN 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2021/ 2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5162321002 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
2. NIM 5162321002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
3. NIM 5162321002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 5162321002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 5162321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 5162321002 TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 5162321002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM 5162321002 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 5162321002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
13. NIM 5162321002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 5162321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dengan aplikasi Berbasis e-learning yang berisi kompetensi dasar mengklasifikasi huruf, angka dan etiket gambar teknik otomotif siswa kelas X TKR SMK dan mengetahui kevalidan, kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis e-learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, praktisi dan siswa. Tujuan Penelitian, yaitu (1) mengembangkan media berbasis e-learning pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKN 1 Kutalimbaru. (2) mengetahui kevalidan media berbasis e-learning pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKN 1 Kutalimbaru. (3) mengetahui kelayakan media berbasis e-learning pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKN 1 Kutalimbaru. (4) mengetahui kepraktisan media berbasis e-learning pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TKR di SMKN 1 Kutalimbaru. Jenis penelitian pengembangan ini adalah prosedur pengembangan ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu (a). tahap analisis, (b). tahap perencanan ,(c). tahap pengembangan, (d). tahap implementasi (penerapan) dan, (e). tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil analisis validasi media pembelajaran gambar teknik berbasis e-learning sebesar 0,91 tergolong pada kategori validitas tinggi dan layak digunakan. (2) Hasil analisis respon guru dan siswa diperoleh 92% peserta didik memberikan respon “sangat positif’ dan 8% peserta didik memberikan “respon positif”. Begitupun dengan respon guru 100% guru memberikan respon “sangat positif”. Hasil analisis kepraktisan penggunaan media oleh guru dan siswa diperoleh dengan rerata jumlah skor keseluruhan 42,4 dengan kategori “X >38” sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan media pembelajaran berbasis e-learning “sangat praktis” digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-003 |
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Media Berbasis E- Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 03:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48601 |