Melinda, Tasya Dewi (2022) Pengaruh Strategi Course Riview Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 1 Di Kelas V SDN 101887 Desa Bangun Sari T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111067_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1181111067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 1181111067_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 1181111067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 1181111067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1181111067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1181111067_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1181111067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 1181111067_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 1181111067_BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 1181111067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran corse riview horay terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 muatan Bahasa Indonesia, Ipa, dan SBdP dikelas V SDN 101887 desa bangun sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment dengan desain pretest-postest control group design. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran course riview horay sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa tema 8 subtema 1. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101887 desa bengun sari, yang terdiri dalam dua kelas yaitu: kelas VA (kelas kontrol). Kelas VA dengan jumlah 18 siswa dan kelas VB dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Yaitu seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah soal 20 yang telah diuji validasi, Reliabilitas, Daya pembeda dan tingkat kesukaran. Berdasarkan analisis data dengan sampel 18 siswa dengan kelas eksperimel dan 18 siswa dengan kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata kelas ekperimen pada pretes (58,89) dan postes (75,56) sedangkan pada kelas kontrol pretes (54,17) dan postes (66,11) pada taraf signifikan (ɑ = 0,05) kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel yaitu 0, 165 < 0,201 (pretes eksperimen) 0,178 < 0,201(postes eksperimen) 0,127 < 0,201 (pretes kontrol) 0,173<0,201 (postes kontrol). Uji homogenitas pada postes kelas eksperimen dan kelas kontol dengan Fhitung < Ftabel yaitu 1,376 < 2,81. Dilakukan uji t pada taraf signifikan nyata (ɑ = 0,05 bahwa thitung > ttabel yaitu 2,182 > 1,734 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi course riview horay dikelas V SDN 101887 desa bangun sari. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengruh yang signifikan dari penggunaan strategi course riview horay dikelas V pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 muatan Bahasa Indonesia, Ipa, SBdP di SDN 101887 desa bangun sari berpengaruh baik dengan menggunakan strategi course riview horay.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Strategi Course Riview Horay |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48578 |