Romadona, Wina (2022) Pengembangan Media Pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 115479 Aek Tapa T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111030 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1181111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 1181111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM. 1181111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
5. NIM. 1181111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 1181111030 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 1181111030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 1181111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
12. NIM. 1181111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 1181111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik mengajar guru yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang mengakibatkan siswa bosan dalam belajar karena kurangnya inovasi, kreativitas, dan strategi dalam menggunakan serta
mengembangkan media pembelajaran. Guru juga cenderung menggunakan buku teks dan benda-benda sekita. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV SDN 115479 Aek Tapa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model AADIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian yang
diperoleh pada pengembangan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) menunjukkan bahwa kelayakan melalui validasi ahli media memperoleh skor 95% yang termasuk kedalam kategori ”Sangat Layak”, hasil penilaian oleh Validator Ahli Materi tahap I diperoleh skor 74,6% dengan kategori ”Layak” dan harus direvisi sesuai saran kemudian penilaian Ahli Materi tahap II diperoleh skror 93% dengan kategori ”Sangat Layak”. Berkaitan dengan kepraktisan penggunaan media pembelajaran diperoleh skor 90% dengan kateogori ”Sangat Praktis”. Sedangkan keefektifan menunjukkan bahwa hasil uji coba pre-test yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang pada pre-test dengan persentase 47,36%. sedangkan pada post-test siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau sekitar 89,47%. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan
merupakan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) dengan kategori sangat layak, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajran di SD khususnya pada pembelajaran tema 7 subtema 1 Kelas IV SDN 115479 Aek Tapa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; LUSI (Ludo Literasi) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:51 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48557 |