Lubis, Ummu Sitta Anjani (2022) Pengembangan Media Kartu Pasangan (KAPAS) Dengan Model Make A Match Pada Siswa Kelas V Tema 7 Subtema 2 Di SDN No 105437 Bahilang Kab. Serdang Bedagai T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183311051 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 1183311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM 1183311051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 1183311051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 1183311051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 1183311051 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 1183311051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 1183311051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 1183311051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM 1183311051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 1183311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang terlibat aktif didalam pembelajaran dan terdapat beberapa siswa yang masih sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga dengan adanya penelitian ini siswa akan
menjadi lebih semangat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media media pembelajaran kartu pasangan (KAPAS) dengan model make a match pada tema 7 subtema 2 dikelas V SD Negeri 105437 Bahilang Kab. Serdang
Bedagai. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau yang disebut Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE dari Robert Maribe Branch. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu , dan menguji kevalidan, keefektivan, dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan merupakan proses/metode yang digunakan untuk memvalidasi dan
mengembangkan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 105437 Bahilang Kab. Serdang Bedagai, pada saat uji coba lapangan subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket validasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini dari segi kelayakan memperoleh hasil ‘Sangat Layak’ dengan validasi media memperoleh rata-rata skor 3,65 direntang 3,21 direntang > 3,10 s/d 4.00. Validasi materi memperoleh rata-rata skor > 3,10 s/d 4.00. Dari segi kepraktisan dinyatakan praktis dengan skor rata-rata 3,46 direntang > 3,10 s/d 4.00. Dan dari segi keefektivan dinyatakan efektif dengan presentase nilai 36,5% peningkatan hasil belajar siswa yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Kartu Pasangan; Make A Match |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:19 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48531 |