Siregar, Nur Rodiyah (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Wizer.Me Materi Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri No. 101884 Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311037 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 1183311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 1183311037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 1183311037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 1183311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1183311037 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183311037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 1183311037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1183311037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
14. NIM. 1183311037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 1183311037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) enggunakan Wizer.Me Materi Tema 6 Subtema 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gell dengan 10 langkah, yaitu Potensi dan Masalah, Mengumpulkan Informasi, Desain Produk, ValidasidDesain, PerbaikannDesain, Uji CobaaProduk,
RevisiiProduk, Uji CobaaPemakaian, RevisipProduk, dan PembuatannProduk Masal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 101884 Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket serta lembar soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menujukkan: (1) Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar
93,68%, serta ahli LKPD (media) mendapat kategori sangat layak sebesar 94,54%, (2) Uji Kepraktisan LKPD berbasis PBL oleh guru mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar 90,90%, (3) Uji keefektifan LKPD berbasis
PBL menggunakan wizer.me mendapat kategori sangat layak menunjukkan terdapat hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis PBL dengan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 87,83 dan hasil belajar siswa yang tidak
menggunakan LKPD berbasis PBL dengan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 63,48. Maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Wizer.Me Materi Tema 6 Subtema 1 kelas IV SD Negeri No. 101884 Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli
Serdang layak digunakan untuk siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik; Problem Based Learning; Wizer.Me; Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48495 |