Astuti, Yana (2022) Pengembangan E-Comic Materi Kerajaan Mataran Kuno Di Indonesia Abad VIII-X Masehi Mata Pelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Aek Kuasan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163321033 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 3163321033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 3163321033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 3163321033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 3163321033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 3163321033 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3163321033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3163321033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
12. NIM. 3163321033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 3163321033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan e-comic pada materi mataram kuno di Indonesia Abad VIII-X Masehi pada mata pelajaran sejarah untuk siswa kelas XI IPS. (2) untuk mengetahui kelayakan media e-comic di Kelas XI IPS pada materi Mataram Kuno di Indonesia Abad VIII-X Masehi. Penelitian ini menggunakan metode Reseach And Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa. Dari hasil validasi oleh ahli materi diketahui bahwa media pembelajaran e-comic mendapatkan penilaian 28,5 dengan persentase nilai 71,25 kategori “Cukup Valid” (Revisi). Dalam penelitian ini terdapat dari 2 kriteria penilaian diantaranya aspek materi dan bahasa. Namun melihat respon dari ahli materi dan ahli media e-comic yang dikembangkan harus melakukan revisi sesuai kesepakatan antara penelitian dan ahli validasi media. Hasil revisi untuk validasi oleh ahli materi diketahui bahwa media e-comic mendapatkan penilaian 35 dengan persentasi nilai 87,5 kategori “Sangat Valid” (Tidak perlu Revisi”. Hasil validasi oleh ahli media diketahui bahwa media e-comic mendapatkan penilaian 18,66 dengan persentase nilai 70 dengan kategori “Cukup Valid” (Revisi). Dalam penelitian tersebut terdiri dari 2 kriteria penilaian diantaranya aspek bahasa dan aspek penyajian menyeluruh. Namun melihat respon ahli media, media yang dikembangkan harus melakukan revisi sesuai dengan kesepakatan antara peneliti dan ahli validasi media, hasil revisi untuk validasi oleh ahli media diketahui bahwa media e-comic mendapatkan penilaian 64 dengan persentase nilai 80 kategori “Valid” (Tidak Perlu Revisi). Dengan demikian, pengembangan media ini telah berhasil mencapai tujuan akhir dari penelitian yaitu melihat respon ahli media bahwa media e-comic yang dikembangkan dapat/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil sebanyak 5 orang siswa dari kelas XI IPS 2 diketahui bahwa media e-comic mendapatkan penilaian 59,8 dengan persentase nilai 92 kategori angket “Sangat valid (tidak perlu revisi)”. Hasil uji coba kelompok besar dengan seluruh siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 29 siswa, diketahui bahwa media pembelajaran e-comic mendapatkan penilaian 54,2 dengan persentase 83,39 kategori “Valid” (Tidak Perlu Revisi). Dengan demikian pengembangan media pembelajaran e-comic ini telah berhasil mencapai tujuan dari penelitian yaitu dengan melihat respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran e-comic yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-049 |
Keywords: | Media Pembelajaran; E-Comic; Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 05:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48484 |