BR Marpaung, Ester Kristina (2022) Pengembangan Media Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173321015 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 3173321015 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 3173321015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 3173321015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 3173321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 3173321015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 3173321015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3173321015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 3173321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 3173321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 3173321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi.oleh kurangnya kemampuan siswa.dalam mempelajari sejarah. Siswa kurang percaya diri.dalam menjawab pertanyaan.guru atau mengajukan pertanyaan guru yang kurang dipahaminya. Berdasarkan permasalahan tersebut, kami menemukan solusi dengan menggunakan media TTS sebagai panduan sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teka-teki silang dan mengetahui kesesuaian media pembelajaran teka-teki silang untuk pendidikan sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri2 Perbaungan dengan tema kedatangan Jepang di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg dan Gull. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIAI SMA Negeri 2 Perbaungan. Lima belas siswa dilakukan dalam eksperimen kelompok kecil dan 32 siswa dilakukan dalam kelompok besar. Metode pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari ahli materi, ahli media, respon siswa, dan penggunaan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan media TTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TTS dapat digunakan sebagai sumber belajar. Uji verifikasi oleh ahli materi menghasilkan 75% dan ahli media 77%. Studi kelompok kecil menyumbang 87,4% dan studi kelompok besar menyumbang 90,74%. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, pembelajaran dengan media TTS efektif 93,1%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa media TTS yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai konduktor sumber belajar sejarah di SMA Negeri 2 Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-035 |
Keywords: | Media TTS; Pembelajaran Sejarah; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:31 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48454 |