Pengembangan Media Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun 2020/2021

BR Marpaung, Ester Kristina (2022) Pengembangan Media Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3173321015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3173321015 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3173321015 APPOVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3173321015 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3173321015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3173321015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3173321015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3173321015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3173321015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3173321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3173321015 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3173321015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3173321015 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3173321015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3173321015 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3173321015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3173321015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3173321015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3173321015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3173321015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3173321015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3173321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi.oleh kurangnya kemampuan siswa.dalam mempelajari sejarah. Siswa kurang percaya diri.dalam menjawab pertanyaan.guru atau mengajukan pertanyaan guru yang kurang dipahaminya. Berdasarkan permasalahan tersebut, kami menemukan solusi dengan menggunakan media TTS sebagai panduan sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teka-teki silang dan mengetahui kesesuaian media pembelajaran teka-teki silang untuk pendidikan sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri2 Perbaungan dengan tema kedatangan Jepang di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg dan Gull. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIAI SMA Negeri 2 Perbaungan. Lima belas siswa dilakukan dalam eksperimen kelompok kecil dan 32 siswa dilakukan dalam kelompok besar. Metode pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari ahli materi, ahli media, respon siswa, dan penggunaan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan media TTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TTS dapat digunakan sebagai sumber belajar. Uji verifikasi oleh ahli materi menghasilkan 75% dan ahli media 77%. Studi kelompok kecil menyumbang 87,4% dan studi kelompok besar menyumbang 90,74%. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, pembelajaran dengan media TTS efektif 93,1%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa media TTS yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai konduktor sumber belajar sejarah di SMA Negeri 2 Perbaungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-035
Keywords: Media TTS; Pembelajaran Sejarah; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:31
Last Modified: 20 Oct 2022 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48454

Actions (login required)

View Item
View Item