Elvansya, Zulfahdilla (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3182121013 COVER .pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2. NIM. 3121212013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3182121013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 3182121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
5. NIM. 3182121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 3182121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7. NIM. 3182121013 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 3182121013 CAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
12. NIM. 3182121013 CAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM. 3182121013 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif dengan disain kuantir eksperimen. Populasi dalam pnelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI dengan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan pengunaan media pembelajaran powtoon yang berjumlah 36 orang dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan mengunakan media Gambar yang berjumlah 30 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda. Soal sudah divalidasi oleh tim validator. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen adalah 46,6 dan kelas kontrol adalah 46,4. setelah pembelajaran selesai diberikan post test dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 80,43 dan kelas kontrol 71.1. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (04,67 > 1,671 ), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penguatan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi kedudukan jepang di Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-038 |
Keywords: | media pembelaaran; powtoon; Tes Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:25 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48448 |