Septyadini, Dea (2022) Pengembangan Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER NIM. 1182111039.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM. 1182111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1182111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
4. NIM. 1182111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
5. NIM. 1182111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 1182111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (927kB) | Preview
7. NIM. 1182111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM. 1182111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
9. NIM. 1182111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13. NIM. 1182111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
14. NIM. 1182111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media quiet book pada materi membaca permulaan siswa kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-2 SD Swasta Al-hidayah Terpadu Medan sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi validasi ahli yang merupakan penilaian media quiet book pada materi membaca permulaan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi pendidikan yaitu guru kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan. Pada penilaian media quiet book pada materi membaca permulaan oleh ahli media mendapatkan skor 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media oleh praktisi pendidikan yaitu guru kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan mendapatkan skor 90% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil pretest nilai siswa diperoleh dengan rata-rata 61% dengan kategori keefektifan “Kurang Baik”, dan pada tahap posttest nilai siswa mengalami peningkatkan dengan rata-rata 88% dengan kategori keefektifan “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 27%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Quiet Book; Membaca Permulaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:07 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48442 |