Fahira, Rachyana (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 Kelas V SDN 101768 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311032_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183311032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 1183311032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 1183311032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 1183311032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183311032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 1183311032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183311032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183311032_BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13. NIM. 1183311032_BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 1183311032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 6 Subtema 1 dengan mengguankan model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard pada siswa Kelas V.A SDN 101768 Tembung T.A 2012/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan desain pre experimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal test pilihan berganda kepada siswa. Ujicoba validitas dilakukan oleh siswa Kelas V.B SDN 101768 Tembung T.A 2012/2022. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan uji t independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data terhadap hasil belajar pada kegiatan pretest dan posttest siswa terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah mendapat perlakuan model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil perolehan siswa nilai rata-rata siswa pada kegiatan posttest yang mencapai 84, jauh berbeda jika dibandingkan dengan hasil rata-rata yang didapat siswa pada saat kegiatan pretest sebelum diterapkannya model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard dimana nilai rata-rata yang didapat hanya 49.50. Selain itu pada kegiatan prestest jumlah siswa yang mengalami ketuntasan hanya mencapai 20% sedangkan yang tidak tuntas mencapai 80%. Sementara itu pada kegiatan posttest terjadinya peningkatan terhadap jumlah siswa yang tuntas yakni mencapai 80%, sedangkan yang tidak tuntas 20%. Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai thitung adalah -8.912. Sedangkan nilai t-tabel yaitu df = n-k, yaitu 30-2 = 28, maka didapat t-tabel sebesar 1.70113, sehingga t-hitung>t-tabel (- 8.912>1.70113), dengan nilai sig a=0,000 (0,000<0,05) Berdasarkan nilai deskriptif terbukti penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya subtema 1 Suhu dan Kalor. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flashcard; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:58 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48412 |