Fadillah, Nurul (2022) Pengembangan Media Flash Card Interaktif Digital untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 015920 Air Genting Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1181111025 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 1181111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. NIM 1181111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 1181111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 1181111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 1181111025 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 1181111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 1181111025 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM 1181111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
10. NIM 1181111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
15. NIM 1181111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
14. NIM 1181111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 015920 Air Genting menemukan beberapa permasalahan yaitu: 1) Penggunaan media pembelajaran masih sangat minim dan terbilang tidak kreatif, 2) media yang digunakan masih sangat sederhana seperti gambar, dan 3) keterampilan membaca siswa masih rendah yang diakibatkan oleh masih kurangnya inovasi media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media flash card interaktif digital yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 015920 Air Genting. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, guru kelas I dan 23 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media flash card interaktif digital untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa menunjukkan (1) Hasil validasi ahlimateri secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (96%) dan hasil validasi media secara keseluruhan pada kualifikasi sangat valid (93,3%); (2) Hasil praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat praktis (98%) dan hasil wawancara secara keseluruhan pada kualifikasi sangat sangat praktis; (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata 77,391 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card interaktif digital untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa yang dikembangkan peneliti layak, praktis dan efektiv digunakan pada siswa kelas I SDN 015920 Air Genting
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Flash Card Interaktif Digital; Membaca Permulaan; SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:53 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48365 |