Fatmawati, Nurpika (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Papan Berpaku Materi Mengenal Bangun Datar Sederhana Di Kelas 1 SD Negeri 104286 Bandar Meriah T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1171111044_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1171111044_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 1171111044_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 1171111044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1171111044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 1171111044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 1171111044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1171111044_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1171111044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM. 1171111044_BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM. 1171111044_BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15. NIM. 1173311090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan, yang mana permasalahan yang terkait dalam penelitian ini yaitu siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi mengenal bangun datar yang hanya bersumber dari buku
pelajaran. Siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran, siswa merasa kurang memahami materi pembelajaran tanpa menggunakan media. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan tindakan dengan melakukan pengembangan media yaitu berupa Pengembangan Media Papan Berpaku dengan video animasi.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi papan berpaku.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan.Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 104286 Bandar Meriah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang pada siswa kelas 1 dilakukan di semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.Kualifikasi ahli dalam pengembangan
ini harus ditentukan dalam peranannya melakukan evaluasi atau revisi. Ahli yang digunakan adalah ahli media dan ahli materi.Penelitian ini dilaksanakan dalam 10 tahapan sampai pada revisi produk akhir. Hasil uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui tanggapan guru dimana perolehan skor diperoleh 132 dengan persentase 88% dan kategori valid.Dan menurut beliau video animasi yang disajikan menarik.Kemudian oleh ahli media diperoleh skor 138 dengan persentase 92% dan kategori valid. Kemudian oleh ahli materi diperoleh skor 133 dengan persebtase 88,67% dengan kategori valid. Kemudian untuk hasil keseluruhan diperoleh skor 385 dengan
persentase 85,56% artinya pada uji coba produk video animasi sudah dalam kategori valid.Untuk uji efektivitas diperoleh hasil perhitungan data belajar dengan media video animasi diatas diperoleh thitung = 5,70 Dari daftar ditribusi t
dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk n-1 (15-1) = 14 diperoleh harga ttabel = 2,02. Sehingga diperoleh t hitung > t table, dengan demikian hipotesis menyatakan “Terdapat perbedaan hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi papan berpaku”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Animasi; Matematika; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:53 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48360 |