Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Ajaran 2020/2021 Semester Genap

Panjaitan, Halini (2021) Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Ajaran 2020/2021 Semester Genap. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5173331013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5173331013 COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5173331013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 5173331013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 5173331013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 5173331013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5173331013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 5173331013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5173331013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 5173331013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5173331013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 5173331013 TABLES.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5173331013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. 5173331013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5173331013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 5173331013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 5173331013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 5173331013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 5173331013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 5173331013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang akibat dari pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 terhadap minat belajar siswa kelas X TITL SMKS Sinar Husni Medan. Apakah pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Sinar Husni T.A. 2020/2021 semester genap pada masa pandemi, serta apa saja faktor yang mempengaruhi faktor tersebut ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah 4 orang guru dan 5 orang siswa kelas X TITL SMK Swasta Sinar Husni Medan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah tersebut menggunakan media online, seperti Zoom, Google Classroom, Google Meet, Google Form, dan Whatsapp Grup, sebagai sarana prasarana dalam komunikasi antar siswa dan guru. Melalui pembelajaran daring yaitu menggunakan akses internetyang dapat dilaksanakan tanpa ada batasan ruang dan waktu. Dampak pembelajaran daring selama pandemi covid–19 terhadap minat belajar siswa kelas X TITL SMKS Sinar Husni medan adalah terdapat nilai negatif terhadap siswa dalam pembelajaran daring yaitu adanya rasa tanggung jawab yang menurun seperti telatnya menggumpulkan tugas atau penurunan capaian belajar, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Komponen-komponen yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas X SMKS Sinar Husni, khususnya penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik membuat siswa meremehkan pembelajaran yang menyebabkan kurang tertarik dalam belajar, disaat minat belajar siswa menurun maka hal tersebut juga mempengaruhi hasil belajar siswa yang juga menjadi kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Minat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:34
Last Modified: 13 Oct 2022 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48321

Actions (login required)

View Item
View Item