Marpaung, Irene Santha Suryani (2022) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Kelas X TITL Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5153131018 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM.5153131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5153131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM.5153131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM.5153131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM.5153131018 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM.5153131018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM.5153131018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.5153131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM.5153131018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM.5153131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa, selama keberhasilan peserta didikdapat ditunjukan dengan prestasi belajar peserta didik disekolah. Dengan pembelajaran yang baik, peserta didik akan mencapai hasil atau prestasi belajar yang optimal. Untuk mencapai tujuan dari pendidikan adalah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam mencapai tujuan pendidikan memerlukan sebuah motivasi atau dorongan untuk menjadi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yang menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian yang berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel yang muncul secara alami. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS v. 17 for windows. Dengan jumlah sampel sebanyak 58 peserta didik dan pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan teknik random sampling.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mempunyai hubungan yang kuat dan berarah positif dengan prestasi belajar peserta didik, diketahui nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,379 > 0,266) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang berarti kurang dari 0,05 (0,002 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi siswa SMK N 5 Medan kelas X TITL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48316 |