Husna, Salwa (2022) Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Pola Dasar Wanita Sistem Praktis Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Takengon. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161143018 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 5161143018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
3. NIM 5161143018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4. NIM 5161143018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
5. NIM 5161143018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM 5161143018 TABLES.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
7. NIM 5161143018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. NIM 5161143018 APPENICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM 5161143018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
13. NIM 5161143018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
14. NIM 5161143018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pembuatan pola dasar wanita sistem praktis untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Takengon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (research & development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket penilaian kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran video tutorial pembuatan pola dasar wanita sistem praktis ini masuk dalam kategori layak. Hasil validasi oleh 3 ahli materi diperoleh rata-rata persentase skor kelayakan sebesar 92,3% dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh 3 ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Kemudian hasil uji coba video pada siswa diperoleh rata-rata skor 91,3 dengan kategori “sangat baik” Dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan uji coba pada siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial yang dikembangkan ini secara keseluruhan termasuk dalam kategori “sangat baik”, sehingga video tutorial pembuatan pola dasar sistem praktis “layak” digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Pola dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:53 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48285 |