Sibuea, Greace Meli Trinita (2022) Pengembangan Media Video Tutorial Pada Kompetensi Membuat Macam-Macam Kampuh Siswa Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153143007 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5153143007 APPROVALS SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM 5153143007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 5153143007 PREFAACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 5153143007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 5153143007 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM 5153143007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 5153143007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
9. NIM 5153143007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM 5153143007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (574kB)
11. NIM 5153143007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
12. NIM 5153143007 CHAPTER V.pdf
Download (178kB)
13. NIM 5153143007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (228kB)
14. NIM 5153143007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian didasarkan pada masalah keterbatasan variasi media
pembelajaran pada kompetensi membuat macam-macam kampuh. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada kompetensi membuat macam-macam kampuh siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri10 Medan ; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial membuat macam-macam kampuh siswa kelas X tata busana di SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada penelitian pengembangan 4D, dengan melalui beberapa tahap yaitu: 1) tahap pendefenisian (define), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), dan 4) tahap penyebaran (desseminate). Pada tahap pengembangan (development), video tutorial divalidasi kelayakannya kepada 3 ahli materi dan 3 ahli media setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji coba kelompok kecil kepada 8 orang siswa kelas X Tata Busana-4 di SMK Negeri 10 Medan, uji coba kelompok besar kepada seluruh siswa kelas X Tata Busana-4 di SMK Negeri 10 Medan yang berjumlah 29 orang siswa dan uji kelayakan media untuk guru kepada 2 guru bidang studi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) Menghasilkan pengembangan produk media video tutorial pada kompetensi membuat macammacam kampuh siswa kelas X Tata busana di SMK Negeri 10 Medan berdasarkan pertimbangan dari ahli materi yang menyatakan bahwa secara keseluruhan (94,6%) materi sangat baik, dari ahli media menyatakan secara keseluruhan (93,8%) media sangat baik ; 2) Kelayakan media video tutorial membuat macammacam kampuh dinilai berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar (93,3%) dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar (92,8%) dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelayakan media untuk guru memperoleh persentase sebesar (92%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka video tutorial membuat macam-macam kampuh yang telah dirancang dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 10 Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Video Tutorial, Mata Pelajaran Teknologi Menjahit, Membuat Macam-Macam Kampuh |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
| Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:39 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48283 |
