Wahyuni, Sri (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Kuliah Teknologi Pangan Prodi Pendidikan Tata Boga Unimed. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173142033 COVER.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
2. NIM. 5173142033. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (807kB) | Preview
3. NIM. 5173142033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 5173142033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 5173142033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 5173142033 TABLES.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
7. NIM. 5173142033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5173142033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5173142033 CHAPTER I....pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 5173142033 CHAPTER V....pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14. NIM. 5173142033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kebutuhan dosen dan mahasiswa pada media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Teknologi Pangan; (2) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Teknologi Pangan; (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe menurut ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media pada mata kuliah Teknologi Pangan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Medan. Waktu penelitian pada bulan September - November 2021. Sasaran produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Teknologi Pangan yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dan divalidasi oleh 3 ahli materi, 1 ahli bahasa, dan 3 ahli media untuk menilai kelayakan media. Teknik pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuesioner. Teknik analisis data secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa seluruh dosen dan mahasiswa membutuhkan pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe dengan skor ≥ 50 persen. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran Sparkol Videoscribe yang telah diuji kelayakannya menurut ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Nilai rataan kelayakan materi menurut ahli materi pada tahap pertama sebesar 87,3 persen termasuk kategori sangat layak dan nilai rataan kelayakan materi menurut ahli materi pada tahap kedua sebesar 93,33 persen termasuk kategori sangat layak. Nilai rataan kelayakan media menurut ahli media pada tahap pertama sebesar 79,95 persen termasuk kategori layak dan nilai rataan kelayakan media menurut ahli media pada tahap kedua sebesar 88,23 persen termasuk kategori sangat layak. Nilai kelayakan media menurut ahli bahasa pada tahap pertama sebesar 88,88 persen termasuk kategori sangat layak dan nilai rataan kelayakan menurut ahli bahasa pada tahap kedua sebesar 100 persen dengan kategori sangat layak. Hasil kelayakan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media termasuk kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata sebesar 94,05 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe yang dikembangkan dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Pangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48280 |