Manik, Kelvin Leonard (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171131019 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. . NIM 4171131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. . NIM 4171131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. . NIM 4171131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. . NIM 4171131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. . NIM 4171131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. . NIM 4171131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. . NIM 4171131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah peningkatan KPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry lebih tinggi dibandingkan peningkatan KPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara peningkatan hasil belajar dengan peningkatan KPS siswa melalui penerapan model guided inquiry. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal, T.A 2020/2021 sebanyak 184 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang akan diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen yang diberi pengajaran melalui model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI MIPA-5 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen tes objektif dipersiapkan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar terhadap KPS digunakan instrument essay tes yang terdiri dari 7 soal yang masing-masing terintegrasi dengan aspek KPS. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak (uji pihak kanan) dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung> ttabel (2,025> 1,672) untuk gain hasil belajar, thitung> ttabel (5,038 > 1,672) untuk gain keterampilan proses sains dan rhitung> rtabel (0,705 > 0,361) sehingga ada korelasi antara peningkatan hasil belajar dengan peningkatan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 092 |
Keywords: | Guided inquiry; Keterampilan proses sains; Kesetimbangan kimia; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48245 |