Nizwan, Faiz Choirullah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL OLAHRAGA PERMAINAN SEPAKBOLA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6183311041 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 6183311041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 6183311041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 6183311041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 6183311041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 6183311041 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6183311041 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6183311041 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 6183311041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 6183311041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 6183311041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial olahraga permainan sepakbola. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil 15 siswa dan uji kelompok besar 30 siswa di SMA Negeri 1 Air Putih. Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data campuran (kulitatif dan kuantitatif). Media pembelajaran berbasis video tutorial olahraga permainan sepakbola yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 3 orang ahli, dimana ahli tersebut terdiri dari 2 ahli materi dan ahli media. Persentase untuk mengetahui analisis kebutuhan adalah 40% dimana penilaian persentase validasi ahli maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang
nilai 29% - 46% dengan kategori kurang baik. Persentase validitas untuk uji kelompok kecil dalah 64% dan penilaian persentase validasi ahli maka nilai ratarata validasi berada pada rentang nilai 47% - 64% dengan kategori cukup baik untuk digunakan pada tahap uji kelompok besar setelah perbaikan. Dimana persentase validitasnya untuk uji kelompok besar adalah 91% dan nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 83% - 100% menunjukan bahwa dengan kategori sangat baik, media pembelajaran berbasis video tutorial olahraga permainan sepakbola berjalan secara efektif dan efesien. Hasil uji kelompok kecil melibatkan 15 siswa SMA Negeri 1 Air Putih memiliki hasil persentase dengan nilai 75% dengan kategori yang didapat baik dan hasil uji kelompok besar melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Air Putih memiliki hasil persentase dengan nilai 87% dengan kategori yang didapat sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial olahraga permainan sepakbola yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran sepakbola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PJKR-091 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis Video Tutorial, dan Olahraga Permainan Sepakbola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48229 |