Lubis, Hotna Riski (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-module Berbantuan Kvisot Flipbook Maker Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111056_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1181111056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 1181111056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM. 1181111056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1181111056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 1181111056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 1181111056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1181111056_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1181111056_BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
14. NIM. 1181111056_BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
15. NIM. 1181111056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang di teliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah minimnya media pembelajaran, kurangnya ketersedian media pembelajaran Tematik tema 2 subtema 1 di kelas V SDN 101775 Desa Sampali. Tujuan dari Penelitian ini adalah menghasilkan e-module tema 2 subtema 1 pembelajaran tematik berbantuan kvisof flifbook maker yang layak,P raktis, dan efektif di gunakan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan subjek penelitian siswa kelas V SD 10175 Desa Sampali. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan ini membahas tentang kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan EModule. Dari hasil validasi ahli Media , terdapat persentase skor 98%, dengan kriteria “Sangat Layak”. Oleh karena itu, E-Module ini sudah layak digunakan pada siswa. Dari hasil validasi ahli materi tahap , terdapat persentase skor 98,8 %, dan dengan kriteria “Sangat Layak”. Dari hasil respon praktisi pendidikan oleh Guru kelas V, terdapat persentase skor 98,2 % dengan kriteria “Sangat Layak”. Peneliti melakukan uji efektivitas dan memperoleh nilai rata-rata 83,3 pada nilai post-test dari keseluruhan 32 orang peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa E-Module pembelajaran tematik tema 2 subtema 1 pembelajaran 1,2, yang layak, praktis,dan efektif untuk di gunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-Module; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48227 |