Lubis, Enny Aisyari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Kelas V SDN 183 Angin Barat Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311038_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1173311038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 1173311038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1173311038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 1173311038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1173311038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 1173311038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1173311038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1173311038_BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 1173311038_BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 1173311038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang tersedianya media pembelajaran
yang digunakan guru dalam pembelajaran, terutama media berbasis teknologi,
sehingga siswa menjadai kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas media pembelajaran sistem pencernaan manusia menggunakan Adobe Flash CS6 pada kelas V SDN 183 Angin Barat Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas V sebagai praktisi pendidikan dan 20 orang siswa kelas V SDN 183 Angin Barat Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem pencernaan manusia menggunakan Adobe Flash CS6 “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh rata-rata nilai 4,75 kategori “Sangat Baik” dengan presentase 95% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi materi memperoleh rata-rata nilai 4,6 kategori “Sangat Baik” dengan presentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil presentase 96,4% dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil presentase 92% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media pembelajaran sistem pencernaan manusia menggunakan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan, nilai rata-rata peserta didik meningkat dari sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 63,5 kategori “Cukup” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 89,25 kategori “Sangat Baik” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem pencernaan manusia menggunakan Adobe Flash CS6 pada kelas V SDN 183 Angin Barat Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal efektif dan layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development; Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS6; Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48182 |