Sitorus, Elisabet (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Berbasis Android di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5171151007 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 5171151007 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3. NIM. 5171151007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 5171151007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 5171151007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5171151007 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5171151007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 5171151007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 5171151007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 5171151007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5171151007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis untuk siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas X. Serta dapat mengetahui hasil belajar siswa melalui uji efektifitasnya.
Adapun model penelitian yang digunakan adalah model waterfall Prosedur pembuatan media ini meliputi: (1) Requirements Defitition (2) System and Software Design (3) Implementation and Unit Testing (4) Integration and System Testing (5) Operation and Maintenance. Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrument yang diadaptasi dari Sriadhi: 2018, yang terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil kelayakan media berbasis android sebagai berikut: penilaian ahli media memperoleh nilai 4,66 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh nilai 4,74 dengan kategori sangat layak, validasi dari praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan. (2) Hasil uji efektifitas pada penggunaan media pembelajaran berbasis android lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android yang dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil rata-rata posttest, thitung > ttabel 6.618 > 1.688. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Adobe Flash, Android, Waterfall, Desain Grafis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:39 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48159 |