Azelina, Cut (2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Di Kelas IV SDN 067954 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111084 COVER.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
2. NIM. 1183111084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
3. NIM. 1183111084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
4. NIM. 1183111084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
5. NIM. 1183111084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
6. NIM. 1183111084 TABLES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
7. NIM. 1183111084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
8. NIM. 1183111084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
9. NIM. 1183111084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
13. NIM. 1183111084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
14. NIM. 1183111084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum pernah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sendiri dikarenakan kurangnya pengetahuan dibidang IT sehingga kurangnya antusias peserta didik dalam mengerjakan tugas dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas E-LKPD berbasis inkuiri pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN 067954 Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Deploment) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Adapun subjek penelitian kelas IV SDN 067954 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah E-LKPD berbasis inkuiri pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 1 yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan antusias peserta didik dalam mengerjakan tugas. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument wawancara guru, angket validasi materi dan desain, angket praktisi pendidikan, angket respon peserta didik dan soal tes. Hasil penelitian pengembangan E-LKPD berbasis inkuiri pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 1, menunjukan hasil validasi ahli LKPD memperoleh rata-rata nilai 4,8 dengan persentase 97% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,5 dengan persentase 91% kategori “ Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil presentase 92% kategori “Sangat Praktis” hasil respon peserta didik memperoleh hasil 95% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji efektifan E-LKPD dapat diketahui bahwa setelah menggunakan E-LKPD yang dikembangkan, nilai rata- rata peserta didik meningkat dari awal rata-rata sebelum mengunakan E-LKPD yaitu 56,83 kategori “Cukup”dengan kriteria “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 87,16 kategori “Sangat Baik” dengan kriteria “Tuntas”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-LKPD Berbasis Inkuiri tema daerah tempat tinggalku; Kelas IV Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 08:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48119 |