Manik, Jainal (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Lectora Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kontruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Siempat Rube. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163311012 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM. 5163311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5163311012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 5163311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 5163311012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM. 5163311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 5163311012 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 5163311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
12. NIM. 5163311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 5163311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Siempat Rube, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan uji pengguna pengguna (siswa). Prosedur pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan(dalam Endang Mulyaningsih, 2011:179-183). Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahapan pengembangan, yaitu define (tahap pendefenisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebarluasan). Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, uji kelayakan terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji pengguna (siswa) media pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan dibuktikan nilai persentase 94,11 % (Sangat Layak) dari ahli materi 1 dan 90,58% (Sangat Layak) dari ahli materi 2, dari ahli media nilai persentase 84,21% (Sangat Layak), dari ahli bahasa nilai persentase 84% (Sangat Layak), dan dari uji pengguna 10 orang dengan nilai persentase keseluruhan 85,30% (Sangat Layak). Hal ini menunjukkan media yang dikembangkan sudah layak untuk dijadikan media pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BAN-019 |
Keywords: | Media pembelajaran; Lectora inspire; 4-D Model (define, dedign, develop, disseminate); Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics. Underground construction T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 07:01 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47944 |