Nasution, Nurul Nisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PASSING BOLA VOLI UNTUK TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6173111049 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6173111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 6173111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 6173111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 6173111049 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 6173111049 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6173111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6173111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6173111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM. 6173111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 6173111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan media pembelajaran video tutorial passing bola voli untuk tingkat SMA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil 10 siswa dan uji kelompok besar 20 siswa di SMA Negeri 7 Binjai. Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data campuran (kulitatif dan kuantitatif). Media pembelajaran video tutorial ditingkat SMA yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 2 orang ahli, dimana ahli tersebut terdiri dari ahli materi dan ahli media video tutorial. Persentase untuk mengetahui analisis kebutuhan adalah 42% dimana penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 29% - 46% dengan kategori kurang baik, persentase validitas untuk uji kelompok kecil adalah 56% dan penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 47% - 64% dengan kategori cukup baik untuk digunakan pada tahap uji kelompok besar setelah perbaikan. Dimana persentase validitasnya untuk uji kelompok besar adalah 86% dan nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 83% - 100% menunjukan bahwa dengan kategori sangat baik, media pembelajaran berbasis video tutorial berjalan secara efektif dan efesien. Hasil uji kelompok kecil melibatkan 10 siswa SMA Negeri 7 Binjai, hasil persentase siswa uji kelompok kecil dengan nilai 82% dengan kategori baik dan hasil uji kelompok besar melibatkan 20 siswa SMA Negeri 7 Binjai, hasil persentase siswa uji kelompok besar dengan nilai 87%. Maka dapat disimpulkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat memberikan peningkatan hasil pembelajaran siswa saat melakukan passing bola voli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PJKR-052 |
Keywords: | Video Tutorial, Passing Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV733 Professionalism in sports. Professional sports (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 06:15 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47909 |