Purba, Erika Erhulina (2021) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171131014 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4171131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM 4171131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4171131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 4171131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 4171131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 4171131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 4171131014 BBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran M3PK terhadap hasil belajar siswa pada materi Redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak. Instrument tes yang digunakan untuk pengumpulan data hasil belajar yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan reliabilitas item soal. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test berturut-turut kelas eksperimen 40,5 dan 81,96. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 38,16 dan post-test sebesar 66,33. Analisis data penelitian berdasarkan uji t pihak kanan dengan software Microsoft Excel pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada pokok bahasan Redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 107 |
Keywords: | Redoks; Direct instruction; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 04:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47903 |