Pratama, Agus (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5173111001 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2.NIM.5173111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3.NIM.5173111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4.NIM.5173111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5.NIM.5173111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6.NIM.5173111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7.NIM.5173111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8.NIM.5173111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9.NIM.5173111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13.NIM.5173111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14.NIM.5173111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung pada siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan. Diketahui bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran sederhana seperti media cetak buku teks, hanout, serta tampilan power point yang sederhana dan kurang bervariasi dan bersifat monoton sehingga pembelajaran kurang menarik. Fasilitas penunjang proses pemebalajaran sudah memadai seperti tersedianya computer dan ruang computer, LCD/Proyektor yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif yang bisa diguakan oleh pendidik untuk pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada. Penelitian ini disusun dan dikembangkan model ADDIE (Analyze, Design, Develoment, Implementation, Evaluation). Namun dikarenakan tujuan pengembanagan hanya sampai pada tahap valid dan layak, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develoment (pengembangan) yaitu tahap revisi produk. hasil keseluruhahn dari uji kelayakan media pembelajaran ini, diperoleh penilaian dari hasil masing-masing validasi yaitu: Ahli media diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,36 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Ahli materi I diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 3,75 yang termasuk dalam kategori “Layak”. Ahli materi II diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,72 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,36 yang termasuk dalam kategori”Sangat Layak”. Dan hasil uji coba skala kecil dengan jumlah 15 siswa diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,55 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BAN-005 |
Keywords: | Media pembelajaran; Belajar mandiri; Lectora inspire; Mata pelajaran konstruksi; Utilitas gedung |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:07 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47887 |