Khaivi, Dhia Putri (2021) PENGARUH PEMAKAIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI MOLEKUL 3D DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331013 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4173331013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 4173331013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4173331013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4173331013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 4173331013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM 4173331013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM 4173331013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D pada hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah MAS Al-Ikhlas Bah Jambi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak. Ada dua kelas yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 3. X MIPA 1 diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dengan model pembelajaran koperatif tipe SAVI sedangkan X MIPA 3 diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dan tanpa model pembelajaran koperatif tipe SAVI. Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,307 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA. Uji Hipotesis data motivasi belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,94 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Uji Korelasi pada taraf signifikan 5% diperoleh rhitung > rtabel(0,668 >0,361), sehingga dapat diketahui bahwa ada hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 096 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Multimedia; Ikatan kimia; Media pembelajaran; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 08:44 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47865 |