Airina, Devita Suri (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171131009 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4171131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 4171131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM 4171131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 4171131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4171131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM 4171131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 4171131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media interaktif lectora inspire pada materi laju reaksi mencapai nilai KKM yaitu 70. Populasi dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Mulia Pratama Medan. Sampel digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang diambil sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data berasal dari guru yang diperoleh melalui observasi atau data nilai laju reaksi siswa tahun lalu. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes sebanyak 25 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji One Simple T-Test, uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata pretest sebesar 47,8571±8,88 dan rata – rata posttest sebesar 78,8089± 9,73. Hal ini diperoleh dari thitung > ttabel atau 4,720 > 2,086 sehingga Ha diterima. Pendekatan kedua (probabilistik), sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dengan media interaktif lektora inspire pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 082 |
Keywords: | Lectora inspire; Problem based learning; Laju reaksi; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 04:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47863 |