PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATERI LAJU REAKSI

Airina, Devita Suri (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171131009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171131009 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171131009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171131009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171131009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171131009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171131009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171131009  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171131009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171131009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171131009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171131009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171131009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media interaktif lectora inspire pada materi laju reaksi mencapai nilai KKM yaitu 70. Populasi dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Mulia Pratama Medan. Sampel digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang diambil sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data berasal dari guru yang diperoleh melalui observasi atau data nilai laju reaksi siswa tahun lalu. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes sebanyak 25 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji One Simple T-Test, uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata pretest sebesar 47,8571±8,88 dan rata – rata posttest sebesar 78,8089± 9,73. Hal ini diperoleh dari thitung > ttabel atau 4,720 > 2,086 sehingga Ha diterima. Pendekatan kedua (probabilistik), sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dengan media interaktif lektora inspire pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 082
Keywords: Lectora inspire; Problem based learning; Laju reaksi; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:03
Last Modified: 29 Sep 2022 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47863

Actions (login required)

View Item
View Item