Gulo, Alfernando (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331005 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 4173331005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM. 4173331005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM. 4173331005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 4173331005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 4173331005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
12. NIM. 4173331005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. NIM. 4173331005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 36,37 sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol sebesar 34,00. Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,08 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,14. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample t-Test dengan menggunakan software SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi = 0,004 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau H0 ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata model Problem Based Learning dengan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 085 |
Keywords: | Problem based learning; Video animasi; Asam basa; Model pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:20 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47850 |