PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN

Gulo, Alfernando (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173331005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173331005 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173331005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173331005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173331005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173331005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173331005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173331005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173331005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173331005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4173331005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4173331005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4173331005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4173331005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173331005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173331005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 36,37 sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol sebesar 34,00. Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,08 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,14. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample t-Test dengan menggunakan software SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi = 0,004 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau H0 ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata model Problem Based Learning dengan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 085
Keywords: Problem based learning; Video animasi; Asam basa; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:20
Last Modified: 28 Sep 2022 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47850

Actions (login required)

View Item
View Item