ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DI KOTA MEDAN

Lubis, Rizka Nauli (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163321025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163321025 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163321025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163321025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163321025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163321025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163321025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163321025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163321025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163321025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163321025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163321025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163321025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163321025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163321025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dilaksanakan adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di kota medan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMA di Lembaga Bimbingan Belajar One Sciense Institute (OSCI), Ganesha Operation (GO) dan Primagama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik quota sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sample dari populasi, kemudian dengan patokan jumlah tersebut peneliti mengambil sampel secara sembarang asal memenuhi persyaratan sebagai sampel dari populasi tersebut. Di sini penulis mengambil sampel 60 siswa dengan 20 siswa tiap lembaga bimbingan belajar.
Faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di kota Medan meliputi faktor Instrinsik dengan indikator faktor harapan, faktor kebutuhan dan faktor minat kemudian faktor ekstrinsik dengan indikator faktor orang tua, faktor lingkungan, faktor teman, faktor tutor dan faktor lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah pada faktor intrinsik dengan faktor harapan 93, faktor kebutuhan 77 dan faktor minat 95,2 , kemudian pada faktor ekstrinsik dengan faktor orang tua 70, faktor lingkungan 43,5, faktor teman 53, faktor tutor 92 dan faktor lembaga 95.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 083
Keywords: Motivasi; Bimbingan belajar; Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:59
Last Modified: 23 Sep 2022 08:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47841

Actions (login required)

View Item
View Item