PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TP.2020/2021

Sitohang, Rikardo (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TP.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 41712121030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 41712121030 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172121030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172121030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172121030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172121030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172121030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172121030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172121030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172121030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172121030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172121030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172121030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS pada materi gelombang mekanik yang layak berdasarkan validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, instrumen HOTS, dan angket respon siswa. Uji validasi ahli dilakukan kepada 3 orang ahli, uji kelompok kecil dilakukan pada 10 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Medan dan uji kelompok besar dilakukan kepada 34 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli instrumen tes sangat valid dengan presentase 89,44 %. Berdasarkan hasil implementasi uji kelompok besar diperoleh 19 (59 %) soal valid, reliabel dengan nilai 0,8112 dengan kategori reliabilitas tinggi, daya pembeda soal antara 0,235 sampai 0,82, tingkat kesukaran soal antara 0,08 sampai 0,824 dan efektivitas pengecoh soal baik. Instrumen tes yang dikembangkan mendapat respon siswa dengan kategori sangat baik dengan rata-rata 83,22 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan instrumen tes yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 073
Keywords: Penilaian; Tes objektif; Tes subjektif; Instrumen tes; Gelombang; High order thinking skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:21
Last Modified: 23 Sep 2022 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47839

Actions (login required)

View Item
View Item