SITUMORANG, NONY CHRISTINA (2021) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA DAN PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173142026 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7173142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3. NIM. 7173142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 7173142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 7173142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. NIM. 7173142026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. NIM. 7173142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 7173142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 7173142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM. 7173142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua dan peran orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No.1, Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Medan Kota, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Stratifite Random Sampling dengan teknik undian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung sebesar 2,783>1,983 dan nilai signifikansi 0,006<0,05. Peran Orang Tua juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung sebesar 6,397>1,983 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Selanjutnya kondisi ekonomi orang tua dan peran orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 33,952>3,09 dan nilai signifikasi 0,000<0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 40,4%. Sedangkan sisanya 59,6% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dari hasil tersebut maka penelitian menunjukkan: kondisi ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar akuntansi, peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar akuntansi dan secara simultan kondisi ekonomi orang tua dan peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kondisi Ekonomi Orang Tua, Peran Orang Tua, Motivasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47809 |