Simanjuntak, Reza Inka Lapebri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173121043 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 4173121043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 4173121043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 4173121043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. NIM. 4173121043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 4173121043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 4173121043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
14. NIM. 4173121043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif fisika berbasis android pada materi fluida dinamis yang berkualitas layak. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 11 Medan. Hasil dari penelitian yang didapatkan berdasarkan validasi ahli media yaitu masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 75%, penilaian ahli materi masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 78%. Berdasarkan validasi dari praktisi pembelajaran masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 76%, hasil pengujian blackbox testing didapatkan semua fungsi pada media pembelajaran dapat berjalan dengan benar. Media pembelajaran ini mendapatkan respon sangat positif dari siswa, dilihat dari partisipasi selama proses pembelajaran dan juga didukung oleh data hasil penyebaran angket yang mendapatkan persentase rata-rata 96%. Media pembelajaran interaktif fisika berbasis android yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif siswa, ditunjukkan dengan perolehan N-gain sebesar 0,69 dikategorikan mengalami peningkatan sedang. Jadi media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga kriteria yaitu valid menurut ahli media, ahli materi dan guru, sangat positif menurut siswa, serta efektif sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 067 |
Keywords: | Android; Fluida dinamis; Media pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47807 |