PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA T.P 2020/2021

Sitinjak, Parasian (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172121029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172121029 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172121029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172121029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172121029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172121029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172121029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172121029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172121029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172121029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172121029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172121029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172121029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif fisika berbasis Android yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika, mengetahui respon pengguna terhadap media pembelajaran yang sudah dikembangkan dan mengukur keefektifan media pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konseptual peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Onanrunggu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli media serta guru mata pelajaran, angket respon peserta didik dalam aspek keefektifan, produktif, keamanan dan kepuasan serta soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan, diperoleh validasi dosen ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media sebesar 96% dengan kriteria sangat layak dan penilaian guru fisika sebesar 80% dengan kriteria layak. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan responden 10 orang diperoleh hasil efektif (2,8), produktif (3), aman (2,9) dan puas (3). Sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan responden 34 orang diperoleh hasil efektif (3,12), produktif (3,25), aman (3,01) dan puas (3,17). Berdasarkan perhitungan nilai gain, media pembelajaran termasuk dalam kategori sedang dalam keefektifan meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik dengan nilai 0,6. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif fisika berbasis Android yang dikembangkan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada materi teori kinetik gas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 062
Keywords: Media interaktif; Android; Kinetik gas; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:14
Last Modified: 13 Dec 2022 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47806

Actions (login required)

View Item
View Item