Sitinjak, Parasian (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172121029 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM. 4172121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM. 4172121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4172121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM. 4172121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM. 4172121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM. 4172121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM. 4172121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif fisika berbasis Android yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika, mengetahui respon pengguna terhadap media pembelajaran yang sudah dikembangkan dan mengukur keefektifan media pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konseptual peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Onanrunggu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli media serta guru mata pelajaran, angket respon peserta didik dalam aspek keefektifan, produktif, keamanan dan kepuasan serta soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan, diperoleh validasi dosen ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media sebesar 96% dengan kriteria sangat layak dan penilaian guru fisika sebesar 80% dengan kriteria layak. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan responden 10 orang diperoleh hasil efektif (2,8), produktif (3), aman (2,9) dan puas (3). Sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan responden 34 orang diperoleh hasil efektif (3,12), produktif (3,25), aman (3,01) dan puas (3,17). Berdasarkan perhitungan nilai gain, media pembelajaran termasuk dalam kategori sedang dalam keefektifan meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik dengan nilai 0,6. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif fisika berbasis Android yang dikembangkan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada materi teori kinetik gas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 062 |
Keywords: | Media interaktif; Android; Kinetik gas; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47806 |