Pasaribu, Mhd Abdillah Pikri (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA GURU FISIKA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121039 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4151121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM. 4151121039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 4151121039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4151121039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 4151121039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. NIM 4151121039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM 4151121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian hasil belajar fisika berdasarkan kurikulum 2013 yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fisika SMA di kota Medan yang menggunakan Kurikulum 2013 yang berjumlah 12 orang. Subjek yang diambil menggunakan metode stratified random sampling, peneliti membagi kota medan menjadi 3 wilayah, yaitu bagian utara, bagian pusat, dan bagian selatan. Teknik olah data menggunakan statistik deskriptif yang meliputi, mean median dan modus Berdasarkan hasil perhitungan data angket pada 12 guru Fisika, tingkat implementasi penilaian hasil belajar Fisika secara keseluruhan dalam kategori Baik dengan persentase 75%. Pada aspek perencanaan tingkat implementasi penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 dalam kategori Sangat Baik dengan persentase 66,67%, selanjutnya pada aspek pelaksanaan dalam kategori Baik dengan persentase 66,67% dan pada aspek pelaporan dalam kategori Cukup Baik dengan persentase 75%. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan yang dilakukan guru tidak sesuai dengan perencanaan yang telah disusun, dapat dilihat dari menurunnya tingkat implementasi dari perencanaan dengan pelaksanaannya. Penilaian hasil belajar yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan seharusnya sejalan dan saling berhubungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 079 |
Keywords: | Kurikulum; Penilaian; Pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:04 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47799 |