SIREGAR, TIANOVIDA (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173341051 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM 7173341051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM 7173341051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM 7173341051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM 7173341051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM 7173341051 TABLES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7. NIM 7173341051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 7173341051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 7173341051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM 7173341051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM 7173341051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Sampel penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan daftar kumpulan nilai. Adapun pengujian dilakukan menggunakan Uji Hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji f.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 13,682 + 0,395X1 + 0,475 X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil Kemandirian Belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung ˃ ttabel = 4,287 > 1,672, dan nilai sig<0,05 = 0,000 < 0,05. Minat Belajar memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dengan thitung ˃ ttabel = 6,058 > 1,672 dan nilai sig<0,05 = 0,000 < 0,05. Uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil Kemandirian Belajar dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung ˃ Ftabel atau 47,124 > 3,17. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,623 yang artinya Kemandirian Belajar dan Minat Belajar memberikan kontribusi terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 62,3%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 03:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47776 |