Yati, Siti Rahmah Alfida (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ONLINE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 SILINDA TP. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341071 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4173341071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 4173341071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 4173341071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. NIM. 4173341071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 4173341071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM. 4173341071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
14. NIM. 4173341071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis online terhadap hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati di kelas X IPA SMA Negeri 1 Silinda T.P 2020/2021. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember sampai Maret 2021 di SMA Negeri 1 Silinda TP.2020/2021 . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket, lembar observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran yang dilakukan secara offline dan online dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa yang berasal dari satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Silinda TP. 2020/2021, adalah (79,3%) kategori tuntas nilai tertinggi siswa 88 (6,25%), dan nilai terendah siswa 64 (3,12%). Lembar observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas tertinggi siswa yaitu hadir namun tidak bertanya dan menjawab (32,7). Untuk aktivitas belajar siswa nilai tertinggi adalah bertanya dan menjawab (32,7%) dan nilai terendah tidak hadir (4,0%) kemudian indikator siswa mendapatkan nilai rata-rata (75) nilai tertinggi indikator siswa (80,20%) dan nilai indikator terendah siswa (77%), Presepsi siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis online pada materi keanekaragaman hayati yaitu, bahwa rata-rata Nilai presepsi siswa dari 10 aspek yang diuji adalah (60,13 ) untuk nilai presepsi siswa tertinggi terdapat pada aspek ke-5 dengan rata-rata skor (68,12), sedangkan untuk nilai presepsi terendah terdapat pada aspek ke-2 dengan rata-rata skor (46,25).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 155 |
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Pembelajaran daring; Pembelajaran luring; Google classroom; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47755 |