EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ONLINE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 SILINDA TP. 2020/2021

Yati, Siti Rahmah Alfida (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ONLINE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 SILINDA TP. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341071 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341071 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341071 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173341071 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173341071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173341071 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173341071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173341071 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173341071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173341071 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173341071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173341071 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173341071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173341071 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173341071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis online terhadap hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati di kelas X IPA SMA Negeri 1 Silinda T.P 2020/2021. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember sampai Maret 2021 di SMA Negeri 1 Silinda TP.2020/2021 . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket, lembar observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran yang dilakukan secara offline dan online dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa yang berasal dari satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Silinda TP. 2020/2021, adalah (79,3%) kategori tuntas nilai tertinggi siswa 88 (6,25%), dan nilai terendah siswa 64 (3,12%). Lembar observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas tertinggi siswa yaitu hadir namun tidak bertanya dan menjawab (32,7). Untuk aktivitas belajar siswa nilai tertinggi adalah bertanya dan menjawab (32,7%) dan nilai terendah tidak hadir (4,0%) kemudian indikator siswa mendapatkan nilai rata-rata (75) nilai tertinggi indikator siswa (80,20%) dan nilai indikator terendah siswa (77%), Presepsi siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis online pada materi keanekaragaman hayati yaitu, bahwa rata-rata Nilai presepsi siswa dari 10 aspek yang diuji adalah (60,13 ) untuk nilai presepsi siswa tertinggi terdapat pada aspek ke-5 dengan rata-rata skor (68,12), sedangkan untuk nilai presepsi terendah terdapat pada aspek ke-2 dengan rata-rata skor (46,25).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 155
Keywords: Keanekaragaman hayati; Pembelajaran daring; Pembelajaran luring; Google classroom; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:42
Last Modified: 12 Sep 2022 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47755

Actions (login required)

View Item
View Item