Nita, Rahma Wira and Zulfikar (2014) MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF BAGI SISWA DAN MAHASISWA MELALUI ANALISIS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF TERAPI DAN HYPNOLEARNING. In: International Counseling Conference and Work, 13-15 Sep 2014, Medan.
Abstrak.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Individu pada dasarnya memiliki kecenderungan untuk berpikir rasional dan irasional sebagaimana dijelaskan dalam pendekatan konseling rational emotif terapi yang dikemukakan oleh Albert Ellis. Ketika individu berpikir dan bertingkah laku yang rasional maka akanefektif, bahagia, dankompeten, sebaliknya ketika individu berpikir dan bertingkah laku yang irasional individu tidak efektif. Kondisi rasional atau pun tidak rasional ini dialami peserta didik mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Bagaimana mungkin peserta didik akan efektif dalam menjalankan aktivitas belajar dan dapat mewujudkan prestasi akademis yang baik, ketika mereka mengalami kondisi yang irasional. Belakangan masih ditemukan kondisi peserta didik yang merasa tidak mampu dalam belajar, melabeli diri negatif, merasa putus asa dan tidak berdaya menghadapi proses belajar,hingga mengambil jalan pintas untuk menghindar dari kegiatan akademisdan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan berakibat fatal bagi masa depannya. Fenomena ini mengindikasikan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum memiliki rasional belief. Menyikapi fenomena tersebut ditawarkanlah sebuah formula yaitu menciptakan proses belajar yang kondusif melalui analisis pendekatan rational emotifterapi dan hypnolearning.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan rational emotif terapi; Hypnolearning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173 Psychoanalysis L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 09:04 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4773 |