PENGARUH SELF-DETERMINATION, SELF-REGULATION, SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 T.A 2020/2021

MANIK, PRETTY WATI (2022) PENGARUH SELF-DETERMINATION, SELF-REGULATION, SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173141025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173141025 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7173141025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7173141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7173141025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7173141025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7173141025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7173141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173141025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7173141025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7173141025 TABLES.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173141025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173141025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173141025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173141025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (977kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173141025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173141025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dalam diri mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang didukung oleh Self-Determination, Self-Regulation dan Self-Efficacy selama mengikuti pelajaran secara E-Learning, serta terjadinya penurunan hasil belajar yang diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti pembelajaran secara E-Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Self-Determination, Self-Regulation, dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar memalui Motivasi Belajar hahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan dengan jumlah populasi sebanyak 101 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penentuan jumlah sampel munggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 81 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis jalur (Path Analisys), uji asumsi klasik, uji hipotesis parsial dan uji simultan serta uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan (1) Persamaan analisis jalur 1 yaitu Y = 15,089 + 0,246 x1 + 0,278 x2 +0,425 x3 ; (2) Persamaan analisis jalur 2 yaitu Z = 0,018 + 0,340 x1 + 0,191 x2 + 0,184 x3 + 0,306y; (3) Secara partial Self- Determination (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Y) ; (4) Secara partial Self-Regulation (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Y); (5) Secara partial Self- Efficacy (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Y); (6) Secara simultan Self-Determination (X1), Self-Regulation (X2) dan Self-Efficacy (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y); (7) Secara partial Self-Determination (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Z); (8) Secara partial Self-Regulation (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Z); (9) Secara partial Self-Efficacy (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Z); (10) Secara Simultan Self-Determination (X1), Self-Regulation (X2), Self-Efficacy (X3) dan Motivasi Belajar (Y) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Z); (11) Secara tidak langsung terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Self-Determination (X1) melalui Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar; (12) Secara tidak langsung terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Self-Regulation (X2) melalui Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar; (13) Secara tidak langsung terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Self-Efficacy (X3) melalui Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar; (14) Kontribusi persamaan adalah sebesar 0,639 atau 63,9 %; (15) Kontribusi persamaan 2 adalah sebesar 0,757 atau 75,7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Self-Determination, Self-Regulation, Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:29
Last Modified: 15 Sep 2022 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47714

Actions (login required)

View Item
View Item