ALFARIZI, DIMAS SALMAN (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 2 PEMTANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173141008 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7173141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM 7173141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 7173141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 7173141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 7173141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM 7173141008 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 7173141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM 7173141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM 7173141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 7173141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 2 Pemtangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate rundom sampling.
Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Kemandirian Belajar dirumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan oleh nilai thitung>ttabel (4,466 > 1,668) dan nilai sgnifikansi (0,000 < 0,05) dan variabel Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pemtangsiantar dengan nilai thitung>ttabel (3,174 > 1,668) dan nilai signifikan (0,002 < 0,05). Sedangkan dari uji hipotesis secara simultan di peroleh hasil bahwa variabel Kemandirian Belajar dirumah dan Minat Belajar secara Bersama-sama memilki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pemtangsiantar dengan nilai Fhitung > Ftabel (40,247 > 3,14) dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien Determinasi di peroleh nilai R Square sebesar 0.562 yang artinya sebesar 56,1%Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pemtangsiantar dapat dijelaskan melalui Kemandirian Belajar dirumah dan Minat Belajar. Sedangkan Sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 2 Pemtangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:32 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47707 |