Siregar, Novita Sahara (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141047 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 4173141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM. 4173141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 4173141047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 4173141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. NIM. 4173141047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 4173141047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
15. NIM. 4173141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi untuk mengetahui faktor penyebab dan solusi dari kesulitan belajar di SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi yang digunakan ialah siswa kelas XII dengan sampel 63 siswa. Pengumpulan data melalui angket tes dan nontes. Hasil penelitian didapatkan bahwa 7 siswa tuntas (11,11%) dan 56 siswa tidak tuntas (88,89%) . Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari tes kognitif bioteknologi secara keseluruhan adalah 48,23 dengan standar deviasi 11,19. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 7 Medan mengalami kesulitan belajar materi Bioteknologi pada tahun pelajaran 2020/2021. Kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal (55,3%), yaitu faktor kesehatan (52,7%), faktor intelegensi (62,2%), faktor minat (49,9%), faktor motivasi (48,1%), serta faktor psikiatrik (63,5%) dan faktor eksternal (54%), yaitu faktor lingkungan keluarga (52,6%), faktor sekolah (52,1%), faktor materi pelajaran (58,9%), dan faktor media (52,4%). Solusi dari aspek kognitif, yaitu pembelajaran bioteknologi dengan menggunakan metode ceramah melalui zoom meeting, referensi dari youtube, pemberian tugas di e-learning, pengamatan langsung ke lapangan produksi. Solusi dari faktor internal dan eksternal ialah menggunakan tips yang sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 113 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Mikroorganisme; Bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 08:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47677 |