SIMANJUNTAK, EVI PRATIWI (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142009 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM 7173142009 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM 7173142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM 7173142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 7173142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM 7173142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7. NIM 7173142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
8. NIM 7173142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
9. NIM 7173142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM 7173142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM 7173142009 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021; (3) pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 139 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 103 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi dalam memperoleh hasil belajar siswa. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. . Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel. ( 5,226 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel. (8,802 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) Secara simultan (uji F) dengan nilai Fhitung sebesar 63,678 dengan taraf signifikan 0,000, nilai Fhitung > Ftabel (63,678 > 3,09). Nilai signifikan (0,000 < 0,05) dan Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; (4) Dalam perhitungan determinasi ( R2) diperoleh sebesar 55,1%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Medan adalah sebesar 55,1%. Sedangkan sisanya 44,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Intelektual , Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:47 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47661 |