SIBARANI, ROSY J.S. (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173142032 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. NIM. 7173142032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. NIM. 7173142032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
4. NIM. 7173142032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
5. NIM. 7173142032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
6. NIM. 7173142032 TABLES.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7. NIM. 7173142032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 7173142032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
9. NIM. 7173142032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
13. NIM. 7173142032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM. 7173142032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi; (2) pengaruh kemandirian belajar akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi; (3) pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini di lakukan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 213 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 139 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibititas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai
t_(hitung )> t_tabel (3,876 > 1,997) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ; (2) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t_(hitung )>t_tabel (5,757 > 1,997) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) secara simultan, minat belajar dan kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai f_hitung > f_tabel (104,580 > 3,06) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R^2 ) sebesar 0,600(60%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 7,252 + 0,609X_1 + 0,717X_2. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47655 |