MANIK, DIAN KRISTINA (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7172142013 COVER.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
2. NIM 7172142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM 7172142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM 7172142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
5. NIM 7172142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 7172142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 7172142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 7172142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 7172142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
13. NIM 7172142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 7172142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan, Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 30 pernyataan dengan skala likert 4 point, masing-masing variabel X 10 pernyataan. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian, angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar (X1) terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel (2.785>2.03693) dan nilai signifikansi (0,010<0,05). Motivasi belajar (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel (2.249>2.03693) dan nilai signifikansi (0,032<0,05). Selanjutnya disiplin belajar (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung>ttabel (4.876>2.03693) dan nilai signifikansi (0.020<0.05). Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar (X1), motivasi belajar (X2) dan disiplin belajar (X3) secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi dasar (Y) siswa kelas X AKL SMK PAB 2 Helvetia Medan, dengan nilai Fhitung> Ftabel (4.891>2.90) dan nilai signifikansi (0.045<0.05). Koefisien determinasi sebesar 12,2%, menunjukkan bahwa 12,2% hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh gaya belajar, motivasi belajar dan disiplin belajar sedangkan sisanya 78,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 01:19 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 01:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47649 |