SITORUS, TETRI ANGGELIN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAAN EKONOMI DI SMA N 1 PANGURURAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171144024 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 7171144024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 7171144024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. NIM. 7171144024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7171144024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7171144024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 7171144024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 7171144024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7171144024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13. NIM. 7171144024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 7171144024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Pangururan T.A 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Pangururan T.A 2020/2021 yang beralamat di Jln. Hadrianus Sinaga Pangururan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2 yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2).
Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan nilai nilai thitung > ttabel yakni (1.755 > 1.667). Kemudian pada variabel Motivasi Belajar diperoleh nilai thitung > ttabel yakni (2.043 > 1.667) yang berarti Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar Ekonomi. Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel yakni (6.017 > 3,13). Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 15,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pangururan T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Google Classroom, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47632 |