BR GINTING MANIK, SEPTI NUR RISKI (2021) KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X OTKP SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7171144022 COVER.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
2. 7171144022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
3. 7171144022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
4. 7171144022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
5. 7171144022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
6. 7171144022 TABLES.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
7. 7171144022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
8. 7171144022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
9. 7171144022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
13. 7171144022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
14. 7171144022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adanya pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Medan dengan jumlah populasi 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sampel 59 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel keterampilan mengajar guru diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2.183 > 1.672) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05 hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X1 berbuhungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel lingkungan belajar diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2.099 > 1.672) pada taraf signifikan 0,003 < 0,05 hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berbuhungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,657 > 3,160) dengan signifikan (0,003 >0,05), hal ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Keterampilan Mengajar Guru (X1)dan Lingkungan Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021, dengan diperolehnya nilai R2 sebesar 75,6 % yang berarti bahwa variabel bebas yaitu Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan Prestasi Belajar (Y) sedangkan sisanya 24,4 % dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 00:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 00:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47590 |