PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS X SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDANT.A 2020/2021

PRATIWI, MAYADIHAN (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS X SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDANT.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7163344022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7163344022 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7163344022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7163344022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7163344022 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7163344022 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7163344022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7163344022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7163344022 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7163344022 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7163344022 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7163344022 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7163344022 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7163344022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7163344022 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7163344022 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7163344022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7163344022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7163344022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7163344022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7163344022 REFREENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7163344022 REFREENCE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2020/2021.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK BUDI AGUNG MEDAN T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 86 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan sampel random sampling, maka sampel yang digunakan seluruh kelas X SMK BUDI AGUNG yaitu kelas X AP 1dan kelas X AP2. X AP1 jumlah siswa 44 dan kelas X AP2 jumlah siswa 42. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata Pre-test dan Post-test dengan model pembelajaran Creative problem Solving 32,66 dan 84,45, serta hasil rata – rata Pre-test dan Pro-test dengan model pembelajaran Inkuiri adalah 33,16 dan 77,86. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung = 3,186 dan Ttabel =1,65, ada perbedaan hasil belajar admintrasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan hasil belajar dari model pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh thitung>ttabel sebesar (3,186>1,65) pada taraf signifikan 5% sehingga H0 dan Ha diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada model pembelajaran Inkuiri danada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solvng dengan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas X-AP di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Inkuiri, dan Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:18
Last Modified: 24 Aug 2022 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47587

Actions (login required)

View Item
View Item