Tiadarma, Muhammad Andi (2022) Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA/MA Di Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186176004 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8186176004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 8186176004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8186176004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 8186176004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 8166176004 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8186176004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM. 8186176004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8186176004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
13. NIM 8186176004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tes
keterampilan berpikir kreatif pada materi kinematika. Partisipan penelitian adalah
siswa kelas X SMA Al Azhar Medan dan siswa kelas X MAN 1 Medan yang telah
menerima materi kinematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan (R&D). Penelitian yang dilakukan mengacu pada pengembangan
produk dalam bentuk instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Sebelum
instrumen tes keterampilan berpikir kreatif diuji coba pada siswa, tes divalidasi
terlebih dahulu. Subjek pengembangan produk terdiri dari ahli konten atau materi,
ahli instrumen, dan ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil uji coba kelompok kecil
dan kelompok besar didapatkan 22 instrumen tes pada materi kinematika yang
dinyatakan valid. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian adalah proses
pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif pada materi kinematika
di SMA/MA melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan dan karakteristik dari
partisipan penelitian, merancang kisi-kisi dan instrument tes, validasi produk, dan
uji coba produk. Hasil analisis kuantitatif instrumen tes keterampilan berpikir
kreatif yang dikembangkan dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi yakni
instrumen tes sudah mampu mengukur keterampilan berpikir kreatif dari partisipan
penelitian, reliabel dengan interpretasi sangat tinggi yakni instrument tes sudah
memiliki kestabilan yang baik dalam hasil penilaian dan tingkat kesukaran serta
daya pembeda tergolong baik, serta keterampilan berpikir kreatif partisipan
penelitian tergolong cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531,112 Tia p |
Keywords: | Pengembangan; Tes Keterampilan Berpikir Kreatif; Kinematika; Valid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 10:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 10:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47557 |